7 Inspirasi Model Rangka Atap Rumah Minimalis agar Lebih Modern

Sebagian besar jenis rangka atap pada dasarnya adalah struktur prefabrikasi yang membantu menopang atap pada sebuah bangunan. Rangka atap ini berfungsi mempermudah pemasangan atap.

Elemen ini pada umumnya berbentuk segitiga, yang mencakup bentuk konfigurasi yang berbeda agar sesuai dengan desain, ukuran, dan kemiringan atap. Dalam pembuatannya, rangka atap harus menopang seluruh berat atap bangunan, jadi harus sangat kuat dan stabil.

Selain itu, fungsi utama rangka atap bangunan adalah memikul beban dari struktur atas dan memberikan stabilitas lateral ke seluruh struktur bangunan. Namun, tidak semua rangka atap strukturnya sama dan tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk.

Model rangka atap yang kamu pilih dapat memengaruhi hasil bangunan akhir, tak terkecuali rumah minimalis. Itulah sebabnya kamu perlu mencari referensi model rangka atap rumah minimalis agar menambah kesan modern dan kekinian pada hunian kamu. Untuk itu, langsung saja beberapa inspirasinya berikut ini!

Inspirasi Model Rangka atap rumah minimalis

Sangat penting untuk memilih jenis rangka atap yang tepat sesuai dengan jenis bangunan serta anggaran yang tersedia. Berikut ini informasi tentang berbagai inspirasi model rangka atap untuk bangunan atau rumah yang bisa kamu aplikasikan.

1. Rangka Atap King Post

Rangka Atap King Post

Model rangka ini umumnya lebih disukai untuk desain rumah modern minimalis. Biasanya, rangka ini terbuat dari kayu, namun terkadang juga terbuat dari kombinasi kayu dan baja. Jenis rangka atap ini biasanya juga digunakan untuk bentang pendek, yang membuatnya ideal untuk rumah minimalis, beranda, garasi, eksterior bangunan, dan lain-lain. 

2. Rangka Atap Queen Post

Rangka Atap Queen Post

Inspirasi model rangka yang satu ini terbilang cukup sederhana, andal, namun serbaguna. Rangka ini terdiri dari bidang tegak lurus dan dua segitiga di kedua sisi. Selain itu, desain rangka atap queen post juga menawarkan bentang yang cukup luas yakni sekitar 10 meter dan desain yang sederhana sehingga sangat cocok untuk berbagai proyek bangunan.

3. Rangka Atap Pratt 

pratt truss

Salah satu model rangka atap yang terpopuler untuk rumah minimalis adalah pratt truss. Ini merupakan metode rangka atap yang telah digunakan selama lebih dari dua abad. Kelebihan utamanya adalah pengerjaannya yang tidak memakan terlalu banyak biaya.

Jenis rangka atap pratt terdiri dari batang vertikal yang berada dalam gaya tekan dan batang diagonal yang berada dalam gaya tarik. Ini menghasilkan desain yang sangat efisien dan membantu mengurangi bobot, biaya, dan juga membantu memudahkan konstruksi struktur. 

4. Rangka Atap Howe

Bentuk rangka atap Howe pada dasarnya adalah kombinasi kayu dan baja, yang membuat rumah minimalis kamu tampak lebih elegan dan menarik. Sebagian besar rangka kuda-kudanya terbuat dari kayu, sedangkan batang vertikal atau batang tarik terbuat dari baja, yang memberikan penyangga tambahan pada atap rumah.

Salah satu kelebihan dari gaya rangka atap ini adalah memiliki bentang yang sangat lebar, yakni berkisar antara 6 dan 30 meter. Inilah yang membuatnya sangat fleksibel dan cocok untuk berbagai aplikasi, termasuk desain rumah minimalis.

5. Fink Truss (Rangka Atap Sirip)

Fink Truss

Bentuk paling dasar dari rangka atap sirip adalah memiliki kerangka badan yang mengikuti pola berbentuk V serta dapat diulang beberapa kali. Pola V ini menjadi lebih kecil saat akord atas miring ke bawah dari tengah.

Karena fink truss cenderung lebih bergantung pada anggota diagonal, maka rangka atap ini cukup efisien dalam mendistribusikan beban ke tumpuan. Jenis rangka sirip lainnya adalah rangka kipas dan rangka sirip ganda. 

Rangka kipas memiliki kerangka jaring yang menyebar dari sambungan di bagian bawah. Sedangkan jenis rangka sirip ganda memiliki pengulangan pola dua kali di kedua sisi sehingga terlihat seperti W ganda.

6. Rangka Atap North Light

Model rangka atap rumah minimalis ini terdiri dari satu set rangka jaring lebar yang membentuk segitiga di dalam rangka yang lebih besar. Rangka atap north light adalah pilihan yang cukup populer untuk rumah minimalis dengan denah lantai terbuka.

Ini juga merupakan jenis rangka atap yang ekonomis serta dapat digunakan di ruang yang luas seperti rumah konsep terbuka, bangunan industri, dan lain-lain.

7. Rangka Atap Peti

Model rangka atap ini sangat populer digunakan untuk tujuan artistik dan guna menambah daya tarik dan ketinggian fokus ke langit-langit rumah. Desainnya sangat cocok untuk ruangan rumah minimalis kamu seperti ruang keluarga, ruang makan, ruang tamu, hingga dapur.

Demikianlah beberapa inspirasi model rangka atap rumah minimalis yang bisa kamu aplikasikan untuk menambah kesan modern dan kekinian pada hunian kamu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengenal tentang berbagai model rangka atap agar sesuai dengan desain rumah minimalis kamu.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *