7 Contoh Model Atap Galvalum dan Karakteristiknya

Galvalum saat ini sedang naik daun sebagai material logam berlapis untuk berbagai proyek konstruksi, mulai dari tingkat perumahan hingga industri. Salah satu bagian yang kerap menggunakan material ini adalah atap bangunan. Istilah galvalum sendiri merupakan singkatan dari “galvanis” dan “aluminium”.

Jika kamu perhatikan, sekarang banyak bangunan di kompleks perumahan yang menggunakan model atap galvalum. Itu karena material ini dinilai lebih tahan lama serta memberikan kesan modern pada desain rumah minimalis.

Model Atap Galvalum dan Contohnya

Nah, jika kamu tertarik untuk mengaplikasikannya pada rumah kamu, penting buat kamu untuk mempelajari terlebih dahulu mengenai model atap ini. Maka dari itu, artikel kali ini akan membuat rangkumannya untuk kamu!

1. Model Atap Go Green

Model Atap Go Green

Contoh model atap galvalum yang pertama mengusung konsep Go Green. Model atap ini terbilang cukup ekonomis. Itu karena harganya yang relatif lebih murah dibanding dengan model atap yang lainnya.

Meski dengan harga yang ekonomis, model atap ini punya beberapa kelebihan yang patut kamu pertimbangkan. Selain lebih ramah lingkungan, model atap ini mampu menahan beban hingga lebih dari 50 kg.

Selain itu, kamu bisa memilih variasi warna serta ukuran yang tersedia sehingga menjadikan atap rumah kamu jadi lebih indah.

2. Model Atap Galvalum Pergolas Metal

Model Atap Galvalum Pergolas Metal

Selanjutnya, kamu bisa mengaplikasikan model atap pergolas metal. Model atap ini dinilai mampu menjaga suhu ruangan agar tidak terlalu panas maupun dingin saat cuaca sedang ekstrim. 

Desainnya yang kokoh dan modern sangat cocok untuk digunakan pada desain rumah minimalis. Model atap ini juga cocok untuk kamu yang ingin menambahkan kesan sederhana namun menyenangkan pada rumah kamu. 

3. Model Atap Solartuff

Model Atap Solartuff

Berikutnya ada model atap solartuff yang terbilang elegan karena menggunakan lembaran polycarbonate bergelombang pada bagian atapnya. Karakteristiknya bening dan kuat seperti kaca serta dibuat dengan memadukan teknologi termutakhir dari Eropa dan bahan baku terbaik.

Pasalnya, atap ini 250 kali lebih kuat daripada kaca serta 20 kali lebih kuat dibanding akrilik. Tak heran jika model atap ini juga populer di luar negeri sejak lama. Dengan mengaplikasikan model atap ini, kamu bisa menghemat lebih banyak biaya serta mempermudah pemasangan karena bobotnya relatif lebih ringan.

Kamu bisa memangkas biaya penggunaan rangka dan biaya listrik karena atap ini dapat membuat pencahayaan alami menjadi lebih maksimal. Selain itu, desainnya yang bening dan kuat, membuat hunian kamu tampak lebih elegan.

4. Model Atap Alderon

Model Atap Alderon

Contoh selanjutnya ada model atap alderon yang merupakan salah satu model atap yang inovatif. Pasalnya, atap ini terbuat dari bahan uPVC dengan UV Protection dan Heat Stabilizer yang diproduksi dengan mesin berteknologi canggih. 

Dengan kelebihan tersebut, model atap galvalum ini mampu menahan panas dan sangat kokoh meski diinjak. Selain itu, ada pilihan warna putih, biru, dan semi transparan yang bisa kamu sesuaikan dengan karakteristik rumah kamu.

5 Model Atap Hut Shape (Bentuk Gubuk)

Model Atap Hut Shape

Model atap galvalum selanjutnya, adalah model dengan gaya sederhana yang menyerupai bentuk gubuk. Banyak rumah di daerah hujan yang lebat menggunakan model ini karena sangat cocok untuk meminimalisir penumpukan sampah alam.

Bentuk atapnya yang miring, dapat dengan mudah mencegah segala jenis sampah yang terbawa hujan untuk jatuh ke bawah. Tipe rumah pegunungan dan bungalow di luar negeri menerapkan model ini untuk menambah nilai estetika dan fungsional atap yang lebih baik.

6. Model L Shape (Bentuk L)

Model Atap L Shape

Kebanyakan model atap galvalum dapat mengikuti bentuk rumah. Salah satu model yang banyak digunakan adalah model L shape, yang memiliki patahan siku sehingga menyerupai bentuk L.

Pembentukan titik segitiga dengan patahan siku ini, dibuat sedemikian rupa untuk mencegah kebocoran pada titik patahan. Mungkin kamu tidak menyadari, model atap ini sebenarnya sudah banyak digunakan pada atap rumah pedesaan yang memiliki bentuk rumah letter L.

7. Model Atap Kanopi Rumah

Model Atap Kanopi Rumah

Model atap galvalum ini kini sedang naik daun. Hal ini karena selain kuat, kokoh, dan enak dipandang, model kanopi bisa diaplikasikan pada banyak area sesuai situasi dan kondisi. Namun kebanyakan penggunaan model ditaruh pada bagian teras maupun rooftop.

Model ini memberikan kesan elegan dan adem. Apalagi untuk jenis rumah modern berdesain minimalis, model ini akan membuat teras rumah jadi tampak lebih luas.

Nah itulah contoh model atap galvalum beserta karakteristiknya yang bisa kamu jadikan referensi sebelum mengaplikasikannya pada rumah kamu.

Menariknya lagi, kamu bisa menyesuaikan ide dan contoh unik di atas sesuai dengan kebutuhan yang ada. Lebih keren lagi jika kamu mampu menyesuaikan posisi dan model atap dengan eksterior rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *