3 Tips Lantai Kamar Mandi Cantik dan Anti Licin

lantai kamar mandi

Seiring waktu, fungsi kamar mandi tidak lagi sebatas tempat membersihkan diri, tetapi juga relaksasi. Kamar mandi yang representatif  harus memenuhi tiga syarat penting, yaitu keamanan, kenyamanan dan nilai estetika.

Lantai kamar mandi termasuk elemen penting yang harus memenuhi tiga syarat tersebut di atas. Lantas, bagaimana cara mewujudkannya? Perhatikan 3 tips berikut ini.

Sesuaikan Ukuran Ubin dengan Luas Kamar Mandi

Ukuran ubin kamar mandi

Sebelum membangun lantai kamar mandi, perhatikan pemilihan ukuran ubin. Di pasaran ubin dijual dalam berbagai ukuran. Pilihlah ukuran ubin yang sesuai dengan luas kamar mandi Anda. Jangan salah ukuran agar hasil akhirnya enak dipandang mata.

Untuk kamar mandi berukuran besar, sebaiknya gunakan ubin berukuran besar pula, misalnya batu alam. Anda bisa memilih batu alam dengan ukuran 60 x 60 cm atau 80 x 80 cm. Anda bisa tambahkan juga ubin kecil yang berwarna kontras di bagian tepi, gunanya sebagai elemen dekoratif.

Sebaliknya, untuk kamar mandi ukuran kecil, jangan pernah menggunakan ubin ukuran besar. Sementara penggunaan ubin kecil, misalnya ukuran 25 x 25 cm malah menghasilkan banyak garis nat yang membuat tampilan kamar mandi terlihat sempit.

Solusinya, gunakanlah ubin dengan ukuran sedang, yaitu 40 x 40 cm.  Anda bisa akali dengan mengkombinasikan dua warna ubin sekaligus. Satu warna untuk ubin di bagian tengah, dan warna lain untuk ubin yang dipasang menempel ke dinding.

Pastikan warna ubin yang menempel ini sewarna dengan dinding kamar mandi. Trik ini akan membuat  kamar mandi terlihat jauh lebih luas.

Variasikan Teknik Pemasangan Ubin

Agar lantai kamar mandi terlihat cantik dan estetik, variasikan teknik pemasangan ubin. Berikut ini beberapa rekomendasi pola pemasangan ubin yang bisa Anda pilih:

1. Pola Linear

Lantai pola linear

Pola linear atau lurus adalah pola pemasangan ubin konvensional yang mudah dikerjakan. Anda hanya perlu memasangnya secara sejajar untuk menghasilkan pola kotak-kotak sederhana. Untuk variasi, gunakan ubin dua warna agar tercipta pola papan catur yang cantik di lantai kamar mandi Anda.

2. Pola Belah Ketupat

Lantai belah ketupat

Untuk membentuk pola belah ketupat, putar ubin terlebih dahulu sampai 45 derajat. Selanjutnya, pasang semua ubin secara sejajar. Cara ini akan membentuk pola belah ketupat yang cantik pada lantai Anda.

3. Pola Tulang Ikan

Lantai kamar mandi pola tulang ikan

Jika pola linear dan belah ketupat sudah terlalu biasa, Anda bisa mencoba pola tulang ikan. Siapkan ubin berbentuk persegi panjang, Selanjutnya, pasang ubin dengan teknik selang-seling atau zig-zag sampai terbentuk pola menyerupai tulang ikan. Pola ini bisa menghasilkan kesan unik dan artistic pada ubin lantai Anda.

4. Pola Dinding Bata

Pola Dinding Bata

Pola pemasangan bata pada dinding bisa diterapkan pada ubin lantai. Gunakan ubin berbentuk persegi panjang. Pasanglah ubin-ubin tersebut menyerupai susunan bata pada dinding. Pola ini bisa menjadi alternatif pengganti jika Anda jenuh dengan cara pemasangan ubin konvensional.

Sebagai tambahan pada pembahasan ini, Anda juga perlu mempelajari materi lain yang berkaitan, yaitu:

Pilih Ubin Anti Licin

Tidak semua ubin yang dijual di pasaran cocok untuk dipasang di lantai kamar mandi. Pilihlah yang anti licin untuk mencegah kecelakaan. Hal ini sangat penting, terutama untuk Anda yang memiliki anak atau lansia di rumah.

Berikut ini beberapa rekomendasi ubin anti licin untuk menunjang keamanan dan kenyamanan pengguna kamar mandi:

1. Ubin Motif Segi Enam (Heksagonal)

Ubin motif segi enam sangat cocok dipasang di lantai kamar mandi. Ubin ini berukuran mungil dan bersifat anti licin. Aplikasikan ubin di bagian yang sering terpapar air, seperti ruang shower dan bagian bawah bathtub. Selain itu, bentuk motif heksagonal pada ubin bisa memunculkan kesan artistik pada tampilan kamar mandi.

2. Ubin dari Bahan Matte

Sudah terbukti ubin dari bahan matte sangat cocok digunakan pada lantai kamar mandi. Sifatnya yang anti licin sangat  berguna untuk mencegah penggunanya terpeleset. Letakkan ubin ini di bagian yang sering terkena air yaitu ruang shower dan bagian bawah bathtub.

Selain anti licin, ubin matte juga ampuh memunculkan kesan elegan dan mewah terutama pada kamar mandi yang mengusung konsep minimalis modern. Pilihlah ubin matte berwarna abu-abu, kemudian padukan dengan dinding yang dicat dengan warna putih.

3. Ubin dari Bahan Granit

Tekstur granit yang agak kasar sangat cocok diaplikasikan pada lantai kamar mandi. Ubin granit bersifat anti licin meskipun terpapar air. Tempatkan di bagian yang sering basah, seperti shower dan bagian bawah bathtub.

Selain anti licin, ubin granit mampu menambah estetika kamar mandi Anda. Ubin jenis ini sangat cocok diaplikasikan pada kamar mandi klasik minimalis. Agar makin sempurna, kombinasikan lantai granit dengan berbagai perabot kamar mandi berwarna putih.

Sebelum membangun lantai kamar mandi, pastikan Anda tidak hanya memperhatikan faktor keindahan saja, tetapi juga keamanan dan kenyamanan Anda. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *