Mengenal 3 Jenis Atap Alderon dan Kelebihannya

Jenis atap alderon sering direkomendasikan untuk bangunan. Alderon adalah bahan uPVC dengan kualitas premium. Bahan ini memiliki tekstur bergelombang sehingga tampilannya sangat menarik.

Bentuknya lumayan lebar dan mampu menghemat waktu saat pemasangannya. Apabila kamu memakai atap baja ringan sebagai penopang alderan maka sebaiknya atur jarak kuda-kuda rangka sekitar 1-1.25 m.

Bahan alderon memakai formula khusus dan sering digunakan pada atap pabrik, tempat parkir, kanopi hingga peternakan. Untuk mengetahui lebih jauh tentang jenis atap ini, yuk cek ulasan singkatnya di bawah ini!

Jenis Atap Alderon

Atap alderon terbagi atas tiga jenis diantaranya adalah twinwall, RS, dan lite. Setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

1. Alderon RS Single Wall Corrugated

Jenis Atap Alderon RS Single Wall Corrugated

Secara fisik bentuknya bergelombang namun tidak ada rongga. Beratnya sangat ringan dan tidak bisa tertembus sinar matahari. Tak heran bila jenis ini cukup difavoritkan oleh banyak orang.

Kelebihan Alderon RS Single Wall Corrugated tidak bisa menyebarkan api. Artinya bila terkena api tidak akan terbakar sehingga sangat aman.

Selain itu atap ini mudah untuk dibentuk dan dipotong sesuai keinginan. Layer hanya ada satu lapisan saja. Pilihan warnanya ada tiga yaitu biru muda, putih opaque dan abu-abu terang.

Alderon RS Single Wall Corrugated memiliki tiga profil produk. Diantaranya adalah Roma, Trimdek dan Greca. Ketebalannya adalah 1.2 mm dan  1.45 mm. Atapnya tidak mudah korosi dan berkarat.

Alderon RS Single Wall Corrugated juga tahan akan berbagai cuaca ekstrim. Keunggulan lainnya adalah lebih fleksibel dan multifungsi. Selain bisa difungsikan sebagai atap dapat digunakan untuk pembatas ruangan atau dinding.

2. Alderon Lite

Jenis Atap Alderon Lite

Alderon Lite adalah atap berongga yang memiliki ketebalan sekitar 6 mm. Berat ringan namun tetap kokoh. Instalasi mudah dan cepat dilakukan. Atap ini memiliki dua pilihan warna yaitu biru dan putih.

Alderon Twinwall dan Lite sebenarnya memiliki bentuk yang mirip. Keduanya juga berongga udara namun ketebalannya berbeda.

3. Alderon Twin Wall Corrugated

Jenis Atap Alderon Twin Wall Corrugated

Terakhir ada Alderon Twin Wall Corrugated yang dibuat dari bahan uPVC. Bentuknya bergelombang dan memiliki rongga. Keunggulannya adalah tahan akan suhu panas dan radiasi matahari.

Kemampuan atap ini juga mampu meredam suara bising sehingga ketika hujan tidak berisik. Atap tidak mudah pecah dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Perbedaan antara Alderon Twin Wall Corrugated  dengan Alderon RS Single Wall Corrugated  adalah banyaknya lapisan yang dimiliki. Pada TwinWall ada dua lapis dinding berongga udara untuk mencegah panas masuk ke ruangan.

Rongga udara ini berfungsi pula sebagai peredam dan sirkulasi udara. Ketika suhu sedang naik, ruangan tetap sejuk dan nyama. Biaya listrik juga dapat dihemat karena memaksimalkan cahaya pada ruangan.

Ada dua pilihan warna yang tersedia yakni warna matt dan translucent. Bila menggunakan warna matt tidak akan tembus cahaya karena warnanya solid. Bila ingin ruangan terlihat lebih terang maka warna translucent adalah pilihan yang tepat.

Warna translucent  ini bukanlah warna bening karena masih memakai stabilizer yang pekat guna meredam panas. Meskipun demikian warna translucent  mampu menerima 20 % cahaya dan menjaga suhu ruangan tetap sejuk. Selain itu atap ini juga berfungsi sebagai pelindung dari sinar ultraviolet.

Ada dua profil produk dari jenis atap alderon ini yakni Alderon 860 dan 830. Pada alderon 860 digunakan dalam project yang lebar efektifnya 860 mm.

Sedangkan, pada Alderon 830 pemakaian pribadi memiliki lebar 830 mm. Keduanya memiliki ketebalan sekitar 10 mm. Jumlah gelombang yang dimiliki oleh tipe 830 adalah 6 gelombang dan  tipe 860 ada 5 gelombang.

Baca Juga: Mengenal Detail Rangka Atap Baja Ringan dan Jenisnya

Kelebihan Atap Alderon

Kelebihan Atap Alderon

Penggunaan atap alderon pada bangunan masa kini bukan tanpa alasan. Ada banyak kelebihan yang ditawarkannya. Diantaranya bisa kamu simak dibawah ini!

Kedap Suara

Atap alderon memiliki rongga udara yang bertugas mengurangi suara dari luar. Khususnya ketika hujan lebat tiba. Ketebalan atap ini sekitar 10 mm dan menurut hasil tes uji laboratorium mampu mengurangi suara berisik hingga 27 %.

Tahan Api

Sifatnya sendiri non-combustible sehingga tidak akan mudah tersulut api. Dengan begitu proses pemadaman api akan mudah dan cepat. Hal ini karena dukungan bahan yang terkandung dalam alderon.

Misalnya saja solvent, minyak, zat asam, alkali maupun pelumas. Kandungan ini membuat alderon tidak hanya tahan api namun juga tidak korosi. Atap alderon tahan akan berbagai polusi industri dan bahan kimia.

Kokoh

Bobotnya ringan namun memiliki ketahanan yang bisa diadu. Tak heran bila pemasangannya dapat segera selesai dilakukan. Warnanya awet dan tidak mudah luntur bahkan mampu menghambat pengaruh sinar UV dari matahari.

Biaya Perawatan Murah

Alderon ramah lingkungan karena tidak memakai bahan aditif plastik. Selain itu memiliki garansi selama 15 tahun sehingga mampu menghemat biaya perawatannya. Jadi berminat untuk segera membeli jenis atap alderon ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *