6 Tips Desain Rumah Klasik dan Gaya Interiornya

Rumah klasik masih memiliki banyak peminat di tengah gempuran gaya rumah modern. Tampilannya yang timeless dan cantik membuat rumah terlihat elegan dan nyaman untuk ditempati.

Jika kamu berencana untuk memiliki rumah dengan desain cantik ini, kenali dulu apa itu gaya interior klasik, poin-poinnya, dan tips mendesain hunian dengan gaya klasik di artikel ini.

Apa itu Gaya Interior Klasik?

Menurut The Spruce gaya interior klasik terinspirasi dari gaya interior khas Eropa, khususnya interior Perancis dan Inggris pada abad ke-18 dan 19. Gaya klasik yang elegan dan vintage sering diadaptasi dan digunakan untuk mendekorasi bagian dalam dan luar rumah.

Kesan mewah nan nyaman merupakan keunikan dari gaya interior rumah klasik. Dekorasi dan ornamen-ornamen yang dibutuhkan biasanya memiliki bentuk yang unik dan bersifat antik.

Elemen-elemen Gaya Klasik

lampu gantung kristal

Dikutip dari Architectural Digest bahwa rumah dengan gaya interior klasik lebih mengutamakan elemen-elemen antik dan tradisional. Elemen-elemen tersebut kerap ditonjolkan di beberapa bagian rumah.

Sebut saja lampu gantung kristal (chandelier), bagian lis plafon terdapat bentuk ukiran klasik dan rumit, dinding dengan warna netral atau cokelat, furnitur kayu berwarna gelap, ataupun gorden panjang dengan motif klasik yang selaras dengan dinding dan lantai rumah.

Tips Mendesain Rumah Bergaya Klasik

Rumah klasik memiliki tampilan yang mewah dan membuat nyaman. Jika kamu ingin memiliki hunian dengan interior gaya klasik, coba ikuti beberapa tips di bawah ini agar mendapatkan gambaran konsep dekorasi rumah.

1. Atur Pencahayaan

Tips pertama dalam mendesain hunian dengan gaya klasik adalah perhatikan pencahayaan. Kesan berkelas dan mewah akan berkurang jika kamu tidak bisa mengatur pencahayaan di dalam ruangan.

Untuk mendapatkan pencahayaan maksimal, kamu bisa menggunakan pencahayaan alami yang diperoleh lewat jendela. Oleh karena itu, pasang jendela berukuran besar pada beberapa bagian ruangan.

Tujuannya agar cahaya dapat masuk dengan mudah ke setiap ruangan. Intensitas cahaya yang masuk secara merata akan menonjolkan kesan mewah.

Selain pencahayaan alami, gunakan lampu gantung kristal (chandelier) di ruang tamu, ruang keluarga, ataupun kamar. Bentuk lampu gantung yang cantik akan membuat pencahayaan di dalam rumah menjadi lebih indah.

2. Beri Sentuhan Warna-warna Alam

interior klasik gaya alam

Jika kamu menginginkan sentuhan klasik pada interior rumah, gunakan warna-warna alam. Sentuhan warna-warna alam seperti warna cokelat, biru gelap, ataupun hijau memberikan kesan anggun dan eksotis.

Penempatan dekorasi juga harus dilakukan secara simetris untuk mendapatkan kesan klasik yang kuat. Selain pemilihan warna cat, penggunaan bahan alam berupa kayu atau batu marmer untuk lantai rumah sangat direkomendasikan.

3. Lengkapi dengan Dekorasi Antik

dekorasi rumah antik

Tidak lengkap hunian dengan interior klasik tanpa menggunakan ornamen-ornamen antik. Kamu bisa meletakkan beberapa ornamen dekoratif, seperti lukisan, piringan hitam, jam antik, guci, ataupun patung. Ornamen dekorasi tersebut menambah nilai estetika pada interior rumah.

Beberapa barang antik bisa kamu dapatkan di berbagai toko barang antik. Namun, jika kamu sulit menemukan ornamen-ornamen yang diinginkan, gunakan hiasan replika yang menyerupai ornamen tersebut sebagai pengganti.

4. Pasang Pelapis Dasar Lantai dengan Batu Alam

lantai batu alam

Mendekorasi rumah agar terlihat klasik dan mewah harus totalitas. Semua dekorasi termasuk lantai harus mengetengahkan aksen mewah.

Oleh karena itu, gunakan kayu atau material batu alam seperti kuarsa atau marmer sebagai pelapis dasar lantai.

Untuk mempercantik interior, tambahkan karpet dengan bahan nilon atau polyester. Pilih karpet yang memiliki warna yang sesuai dengan dekorasi.

5. Tempatkan Gorden yang Menjulang

Gorden panjang mewah

Gaya desain klasik tidak lepas dari sentuhan ornamen yang mewah dan elegan. Untuk menonjolkan dekorasi tersebut, kamu bisa menempatkan gorden cantik yang mewah menjulang dan besar.

Pilihlah gorden bermotif yang selaras dengan warna dinding atau warna-warna netral. Misalnya, warna dinding berwarna cokelat muda, upayakan warna gorden memiliki motif yang berwarna cokelat tua.

Hindari memilih gorden berwarna terlalu kontras. Hal ini dapat mengurangi kesan klasik yang ingin ditampilkan.

6. Gunakan Furnitur Berukuran Besar

furniture klasik mewah

Mendekorasi rumah klasik tidaklah sulit. Yang terpenting adalah kamu tahu dekorasi apa saja yang harus ditonjolkan. Salah satu hal yang bisa kamu tonjolkan adalah dengan menempatkan furnitur berukuran besar.

Pemilihan furnitur bukan hanya fokus pada ukuran, tetapi pada bentuknya juga. Oleh karena itu, pilihlah furnitur berukuran besar dengan sentuhan unik dan mewah. Biasanya untuk kursi bahan pelapis yang digunakan adalah kain atau beludru.

Tempatkan di kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, hingga ruang makan. Dengan cara ini, sisi glamor dan elegan pada hunian kamu dapat terlihat. Memiliki rumah klasik bukan lagi sekadar impian.

Sekarang kamu tahu seperti apa gaya interior klasik dan elemen-elemen apa yang harus diperhatikan untuk membuat desain rumah estetik. Ikuti tips-tipsnya untuk mendapatkan hunian dengan gaya desain yang mewah dan berkelas. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *