6 Tips Desain Rumah Industrial Kontemporer yang Tampil Elegan

Rumah Industrial Kontemporer

Apakah kamu sedang bingung dalam menentukan pilihan untuk desain rumah impianmu? Jika iya, desain rumah industrial kontemporer ini mungkin bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu.

Gaya ini memadukan desain interior industrial yang menonjolkan kesan unfinished dengan desain kontemporer yang menampilkan suasana ruangan rapi dan bersih.

Memadukan dua atau lebih gaya desain dalam satu ruangan akan membuat ruangan tampak lebih hidup dan menarik. Itulah mengapa banyak desainer profesional merekomendasikan hal tersebut.

Berikut beberapa perpaduan gaya rumah industrial kontemporer yang bisa kamu terapkan pada desain ruangan rumah.

1. Rumah Industrial Kontemporer Tampak Depan

rumah industrial kontemporer tampak depan
flokq.com

Pada tampak depan ataupun sisi samping rumah, kamu dapat membuatnya tampil elegan dan hangat dengan menampilkan dinding bata ekspos disertai dengan tiang fondasi dari metal atau besi berwarna hitam.

Lampu sorot dengan pencahayaan hangat serta tanaman hias di depan rumah juga bisa menjadi aksesori tambahan. Hal ini tentu akan membuat rumah jadi tampak kokoh, fresh, sekaligus kekinian.

2. Ruang Tamu yang Macho dan Modern

ruang tamu industrial

Jika kamu lebih tertarik pada desain interior yang menampilkan kesan maskulin, sentuhan desain industrial yang dominan memanglah pilihan yang tepat.

Menambahkan elemen-elemen khas industrial, seperti kursi dari besi/kayu, rak pipa, serta lampu gantung dengan kabel menggantung, akan memperlihatkan suasana ruangan yang macho dan tangguh.

Lalu, padukan elemen-elemen tersebut dengan beberapa furnitur kayu bermotif mutakhir khas kontemporer. Ruangan pun akan tampil dengan gaya elegan, modern, dan energik.

3. Balkon untuk Santai

Balkon untuk Santai
99.co

Jika rumah kamu terdiri dari dua lantai atau lebih, membuat balkon untuk tempat bersantai bisa jadi hal yang sangat menyenangkan. Kamu bisa healing bersama keluarga atau pasangan dengan tenang di sini.

Membuat balkon dengan gaya desain rumah industrial kontemporer, rumah tidak hanya nyaman, tetapi juga instagrammable. Kamu jadi punya bahan untuk feed di Instagram, bukan?

Caranya, kamu bisa menyediakan kursi panjang berwarna abu-abu tanpa finishing dan melengkapinya dengan fasad bata yang disusun bercelah.

Lalu, jangan lupakan juga untuk meletakkan tanaman hias di pojok-pojok ruang untuk memberi suasana segar pada balkon.

Penambahan rumput buatan sekaligus bantal-bantal unik akan membuat balkon jadi tempat paling nyaman untuk bersantai di sore hari.

Baca Juga:

4. Ruangan dengan Pencahayaan Artistik

pencahayaan ruang interior

Sebaik apa pun penataan interior ruangan, estetikanya akan berkurang jika tidak dibarengi dengan tipe pencahayaan yang baik.

Bagaimana tidak? Suasana temaram cenderung gelap tanpa cahaya akan membuat detail interior luput dari pandangan mata.

Oleh karena itu, dibutuhkan lighting atau pencahayaan yang baik agar detail tersebut dapat tampil stand out dan menarik perhatian.

Tipsnya adalah gunakan lampu berkap menggantung untuk memberi pencahayaan pada ruangan, dan lampu sorot untuk meng-highlight detail-detail interior.

Selain itu, penting untuk mempertimbangkan warna yang tepat. Untuk ruang makan dan dapur, misalnya, lampu dengan pencahayaan yang warm adalah pilihan yang baik.

Sedangkan pada ruangan lainnya, penggunaan cermin atau jendela berukuran besar dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pencahayaan alami.

5. Kolam Renang yang Natural

Kolam Renang yang Natural
rumah.com

Jika kamu ingin membuat kolam renang di area samping rumah, desain interior industrial kontemporer juga bisa membuatnya jadi tampak natural dan nyaman.

Tanaman hijau menjuntai berpadu dengan dinding pembatas kolam yang kokoh dapat menyegarkan suasana dan memberi kesan dekat dengan alam.

Meletakkan beberapa rumpun tanaman hias berdaun lebar di beberapa sudut area kolam juga dapat menjadi pilihan untuk interior bangunan rumah industrial kontemporer.

6. One Space agar Minimalis

One Space Minimalis Rumah Industrial Kontemporer

Menggabungkan beberapa ruangan ke dalam satu area merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menonjolkan kesan minimalis.

Misalnya saja, menggabungkan ruang makan dengan dapur atau membiarkan ruang keluarga dan ruang makan tanpa sekat.

Dinding ruangan yang terdiri dari beton berbentuk persegi panjang dapat digunakan untuk memberi sentuhan industrial pada ruang one space ini. Dinding berwarna abu-abu tanpa polesan juga dapat menjadi pilihan.

Kemudian, menghiasi langit-langit dengan kisi-kisi kayu yang disusun berjarak dan menempatkan lampu dengan pencahayaan artistik pada sela-selanya akan jadi penampilan yang menarik.

Itulah beberapa perpaduan elemen-elemen yang dapat menjadi inspirasi dalam mendesain rumah industrial kontemporer yang elegan dan aesthetic. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *