5 Kelebihan Arsitek Lanskap untuk Mendesain Taman Impian

arsitek lanskap

Apa untungnya menggunakan jasa arsitek lanskap untuk merancang taman? Baik taman kota atau taman rumah, semua bisa dilakukannya.

Umumnya, kita mengenal profesi arsitek sebagai ahli desain bangunan, seperti rumah, kantor, dan bangunan lainnya.

Bagaimana dengan taman? Selama ini, kita lebih familiar dengan profesi tukang taman yang berperan mengurus tugas ini.

Tetapi tahukah kamu sebenarnya ada ahli yang secara khusus bertugas mendesain dan menata space di luar bangunan, misalnya taman menjadi bentuk yang unik dan cantik?

Di artikel kali ini, kita akan mengulas secara spesifik mengapa profesi ini begitu penting untuk mendesain taman rumah impian kamu. Mari kita ulas satu per satu!

Peran Penting Jasa Arsitek Lanskap 

Peran Penting Jasa Arsitek Lanskap
Arsitag.com

Ahli yang secara khusus mendesain berbagai area di luar rumah, kantor dan bangunan lainnya disebut arsitek lanskap. Salah satu keahliannya adalah mendesain taman rumah menjadi indah, unik, dan berkarakter.

Apakah kamu memiliki area di luar rumah yang ingin ditata menjadi taman unik dan cantik, tetapi bingung bagaimana cara memulainya?

Atau, kamu sudah punya konsep untuk diterapkan di taman impian, tetapi tidak yakin kalau tukang taman bisa menerjemahkan dengan baik ide tersebut?

Inilah waktunya mulai memikirkan pentingnya menggunakan jasa arsitek lanskap untuk mendesain taman rumah impianmu.

Baca Juga:

Kelebihan Arsitek Lanskap untuk Mendesain Taman

Kelebihan Arsitek Lanskap
Arsitag.com

Lalu, apa saja kelebihan seorang arsitek lanskap ini dan benefit apa saja yang akan diperoleh jika menggunakan jasanya? Berikut penjelasannya.

1. Bekerja Berdasarkan Keahlian

Layaknya desainer bangunan dan profesi ahli lainnya, arsitek lanskap juga bekerja berdasar keahlian yang diperolehnya dari bidang ilmu yang ditekuni. Mereka tidak sembarang bekerja atau hanya bermodal ilmu dan pengalaman pas-pasan saja.

Misalnya untuk mendesain taman rumah, desainer taman selalu mempertimbangkan banyak faktor, misalnya kontur lahan, jenis tanaman yang akan digunakan, komposisi tanah, hingga pengaruh lingkungan sekitar.

Semua ia pikirkan secara matang dan hati-hati. Kemudian, semua informasi yang didapat diformulasikan menjadi konsep terbaik untuk desain taman impian kamu.

2. Melakukan Analisis Terlebih Dahulu

Sebelum mulai merancang desain taman impianmu, seorang arsitek lanskap akan melakukan analisis detail terlebih dahulu. Ia terlatih melihat landscape sebagai area berisi bagian-bagian yang saling terhubung dan terintegrasi. 

Dengan mengerti sistem yang saling terintegrasi ini, ia akan lebih spesifik menyusun rancangan desain taman yang bukan saja estetik, tetapi juga tepat guna dan fungsional.

3. Desain Taman yang Dihasilkan Bukan Hasil Jiplakan

Desain taman seorang arsitek lanskap dijamin bukan hasil jiplakan. Ini semacam kode etik profesi yang dijunjung tinggi sampai saat ini. Banyak taman di luar sana bentuknya hampir mirip satu dengan yang lain.

Kebanyakan proyek itu dikerjakan mereka yang bukan profesional. Kamu tidak akan menemukan hal semacam ini dilakukan architect landscape sebagai desainer taman. Mengapa?

Karena ia memahami betul lahan yang akan dirancang menjadi taman impianmu yang memiliki karakternya sendiri, sehingga harus didesain dengan unik pula.

Itulah sebabnya, hasil pekerjaan seorang desainer taman tidak akan sama antara satu taman dengan taman lainnya. Inilah kode etik dan tanggung jawab architect landscape yang selalu ia junjung tinggi.

4. Menyempurnakan Keinginan dengan Saran yang Tepat

Hal yang paling menyenangkan bekerja sama dengan arsitek lanskap adalah keahliannya menyempurnakan keinginan klien dengan saran yang tepat.

Misalnya, kamu ingin menempatkan pohon kesukaan di spot tertentu di taman rumah kamu. Tetapi ide tersebut dinilai kurang baik karena posisi pohon tidak sesuai tata letak dan tidak sedap dipandang.

Jika demikian, seorang desainer taman tidak akan ragu untuk menjelaskannya kepadamu sambil memberi pertimbangan posisi terbaiknya.

Meskipun begitu harapan dan keinginan kamu tetap menjadi prioritasnya, memberi saran untuk menyempurnakan ide rancangan taman hanyalah sebagai tanggung jawab.

5. Nilai Investasi Rumah Akan Naik

Bukan rahasia lagi kalau hasil karya seorang arsitek lanskap profesional selalu berdampak pada naiknya nilai investasi sebuah properti.

Hal yang sama juga berlaku untuk rumah kamu. Memiliki taman indah hasil desain arsitek lanskap akan membuat nilai investasi rumah ikut naik.

Logikanya, ada dua rumah memiliki bentuk dan desain yang sama, tetapi yang satu halamannya kosong, sedangkan rumah lainnya memiliki taman yang estetik.

Saat keduanya dijual, manakah yang akan dihargai dengan nilai yang tinggi? Tentu saja rumah yang memiliki taman estetik.

Apalagi rumah yang tamannya dirancang dengan sempurna oleh seorang desainer taman profesional, nilainya bahkan bisa naik hingga belasan persen.

Bayangkan jika itu adalah rumah kamu, bukankah ini menarik? Setelah membaca uraian di atas, semoga kamu tidak ragu lagi memanfaatkan jasa arsitek lanskap untuk merancang taman yang cantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *